Jelaskan Arti Al-Alim Al-Khabir As-Sami Dan Al-Basir


Arti AlBashir Arab, Dalil, dan Contoh Perilaku Freedomnesia
Arti AlBashir Arab, Dalil, dan Contoh Perilaku Freedomnesia from www.freedomnesia.id

Pendahuluan

Dalam agama Islam, terdapat banyak sekali asmaul husna atau nama-nama Allah SWT yang memiliki makna dan keistimewaan masing-masing. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang arti dari empat nama Allah yang sering kita dengar yaitu Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir.

Al-Alim

Al-Alim berasal dari kata 'ilm yang artinya pengetahuan. Allah SWT adalah Al-Alim yang berarti Dia Maha Mengetahui tentang segala hal yang terjadi di dunia ini. Allah SWT mengetahui segala yang terjadi di masa lalu, sekarang, dan masa depan. Kita sebagai manusia hanya bisa mengetahui hal-hal yang terjadi di masa kini, namun Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang terjadi dan akan terjadi.

Al-Khabir

Al-Khabir berasal dari kata 'khabar' yang artinya kabar atau berita. Allah SWT adalah Al-Khabir yang berarti Dia Maha Mengetahui tentang segala hal yang terjadi di seluruh jagad raya ini. Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang terjadi di bumi, di langit, dan bahkan di alam semesta. Kita sebagai manusia hanya bisa mengetahui hal-hal di sekitar kita, namun Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang terjadi di seluruh jagat raya ini.

As-Sami

As-Sami berasal dari kata 'sami' yang artinya mendengar. Allah SWT adalah As-Sami yang berarti Dia Maha Mendengar tentang segala hal yang terjadi di seluruh jagad raya ini. Allah SWT mendengar segala yang diucapkan oleh makhluk-Nya, baik itu manusia, hewan, atau bahkan tumbuhan. Kita sebagai manusia hanya bisa mendengar suara di sekitar kita, namun Allah SWT mendengar segala sesuatu yang terjadi di seluruh jagat raya ini.

Al-Basir

Al-Basir berasal dari kata 'basar' yang artinya melihat. Allah SWT adalah Al-Basir yang berarti Dia Maha Melihat tentang segala hal yang terjadi di seluruh jagad raya ini. Allah SWT melihat segala yang terjadi di dunia ini, baik itu yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Kita sebagai manusia hanya bisa melihat hal-hal yang terjadi di sekitar kita, namun Allah SWT melihat segala sesuatu yang terjadi di seluruh jagat raya ini.

Kesimpulan

Keempat nama Allah SWT yaitu Al-Alim, Al-Khabir, As-Sami, dan Al-Basir menunjukkan kebesaran, kekuasaan, dan kebijaksanaan-Nya yang tak terbatas. Sebagai manusia, kita harus selalu mengingat bahwa Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang terjadi di dunia ini dan kita harus selalu berusaha untuk mengikuti ajaran-Nya dengan sebaik-baiknya.


Jangan Lupa Follow dan Bookmark untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru Lainnya, Terima Kasih :)
Gabung dalam percakapan
© WanjayProtected by DMCA Developed by Jago Desain