Bagaimana Pembagian Iklim Di Amerika Dan Daerahnya Menurut Fisisnya


North America map of Köppen climate classification North america map

Memahami Iklim Amerika

Jika Anda tinggal di Amerika, Anda pasti sudah merasakan perbedaan iklim yang cukup signifikan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Iklim Amerika sendiri sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor fisik seperti letak geografis, elevasi, serta pengaruh lautan dan udara dari daerah lain.

Letak Geografis Amerika

Amerika terletak di antara dua samudra, yakni Samudra Atlantik dan Pasifik. Hal ini membuat iklim Amerika dipengaruhi oleh pengaruh lautan yang cukup besar. Selain itu, letak geografis Amerika juga membuatnya terpisah menjadi dua bagian, yakni Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kedua bagian ini memiliki perbedaan iklim yang cukup signifikan.

Elevasi dan Iklim Amerika

Selain letak geografis, elevasi juga mempengaruhi iklim Amerika. Daerah yang berada di ketinggian tinggi seperti pegunungan Rocky dan Sierra Nevada memiliki iklim yang dingin dan kering. Sedangkan daerah yang berada di dataran rendah seperti pantai barat dan tenggara memiliki iklim yang lebih hangat dan lembap.

Pembagian Iklim di Amerika

Berdasarkan klasifikasi iklim Köppen, iklim Amerika dibagi menjadi beberapa tipe iklim. Berikut adalah pembagian iklim di Amerika menurut klasifikasi Köppen:

Iklim Tropis

Daerah yang terletak di sekitar khatulistiwa seperti Amerika Tengah dan Selatan memiliki iklim tropis. Iklim ini ditandai dengan suhu yang hangat sepanjang tahun dan curah hujan yang tinggi. Beberapa negara yang termasuk dalam kategori iklim tropis adalah Brasil, Kolombia, dan Peru.

Iklim Gurun

Daerah yang memiliki iklim gurun di Amerika adalah daerah yang memiliki curah hujan yang sangat rendah. Biasanya daerah ini berada di pegunungan atau dataran tinggi seperti Arizona dan New Mexico di Amerika Serikat. Iklim gurun ditandai dengan suhu yang sangat panas di siang hari dan sangat dingin di malam hari.

Iklim Lembap

Daerah yang berada di pantai barat Amerika seperti California dan Oregon memiliki iklim lembap. Iklim ini ditandai dengan suhu yang hangat sepanjang tahun dan curah hujan yang cukup tinggi.

Iklim Muson

Daerah yang terletak di sebelah timur Pegunungan Rocky seperti Kansas, Iowa, dan Missouri memiliki iklim muson. Iklim ini ditandai dengan musim panas yang panjang dan musim dingin yang cukup dingin. Curah hujan di daerah ini cukup tinggi, terutama pada musim panas.

Iklim Sedang

Daerah yang memiliki iklim sedang di Amerika adalah daerah yang berada di sekitar Great Lakes seperti Michigan dan Wisconsin. Iklim ini ditandai dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang dingin. Curah hujan di daerah ini cukup tinggi sepanjang tahun.

Kesimpulan

Pembagian iklim di Amerika sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor fisik seperti letak geografis, elevasi, serta pengaruh lautan dan udara dari daerah lain. Ada beberapa tipe iklim di Amerika, seperti iklim tropis, iklim gurun, iklim lembap, iklim muson, dan iklim sedang. Dengan memahami pembagian iklim di Amerika, kita dapat lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi perbedaan iklim yang ada di setiap daerah.

Jangan Lupa Follow dan Bookmark untuk Mendapatkan Info Artikel Terbaru Lainnya, Terima Kasih :)
Gabung dalam percakapan
© WanjayProtected by DMCA Developed by Jago Desain